Goodbye Facebook?

Facebook, mungkin kata itu sudah tidak asing di sebagian besar masyarakat kita yang akrab dengan penggunaan internet. Situs pertemanan itu sudah sedemikian boomingnya. Saya mungkin termasuk salah seorang yang terkena booming dari facebook ini. Saya pun telah memiliki account di facebook. Tapi saat ini saya sedang bertanya pada diri saya, apakah kegunaan dari saya memiliki account di facebook?

Pada awalnya niat saya memiliki account facebook memang ingin menyambung kembali tali silaturahmi dengan teman-teman yang mungkin sudah hampir tidak pernah bertemu lagi. Dan satu lagi saya tadinya ingin menggunakan account facebook yang saya gunakan untuk lebih mengenal teman-teman yang bermanhaj salaf agar saya bisa saling bertukar ilmu dengan mereka.

Tapi setelah beberapa bulan berjalan ini, ternyata niat itu sudah melenceng kemana-mana. Memang saya ikut beberapa group dari rekan-rekan yang bermanhaj salaf, dan bisa memperoleh ilmu juga dari message yang rutin dikirmkan. Akan tetapi di sisi lain facebook seolah seperti sudah menjadi candu buat saya. Saya jadi jarang membuka situs – situs salaf yang selama ini saya kunjungi dan pelajari. Saya lebih senang membalas status teman – teman dengan candaan dan sebagainya.  Tanpa mengurangi rasa penghargaan saya terhadap rekan – rekan yang bermanhaj salaf yang telah membantu saya dalam mempelajari manhaj ini lewat message – message yang mereka kirimkan. Saya rasakan, ilmu yang saya dapat tidak sebanyak jika saya langsung membuka sendiri situs – situs salaf seperti yang sebelumnya saya lakukan dan juga melalui milist – milist yang saya ikuti. .

Akhirnya setelah saya pikir – pikir, selama ini saya telah cukup banyak mendapatkan ilmu melalui situs – situs yang sering saya cari dan juga beberapa milist yang bermanhaj salaf yang saya ikuti. Jadi kalau niat saya memang untuk mencari ilmu, apakah harus lewat facebook? Dimana melalui facebook saya malah menjadi banyak lalainya. Akhirnya mulai kemarin, saya berniat untuk mem’beku’kan account facebook saya sampai waktu yang tidak ditentukan. Saya tidak ingin facebook menyebabkan saya menjadi lalai dalam mencari dan mempelajari ilmu. Insya ALLAH bisa dan harus bisa.

Explore posts in the same categories: Uncategorized

9 Komentar pada “Goodbye Facebook?”

  1. akuiniobenk Says:

    lupa mempertimbangkan hal ini :

    1. melalui facebook lu bisa update keadaan lu. dan itu membantu temen2 lu untuk punya akses ke berita

    2. dengan facebook lu juga punya akses ke info teman2..baik kabar baik, kabar duka juga situasi terbaru

    3. dengan facebook juga terkadang kabar terkini tentang isu hangat lebih cepat sampai..seperti kita berbagi kabar gempa tempo hari…si anu lagi sakit, si ini lagi gimna dll

    kalo masalah kita jadi kehilangan waktu untuk yg lain, kita aja yang gk manage dengan baik. gue juga gitu..kadang mengurangi, kadang lama di FB…kalo lagi sibuk ya kurangin..

    masalahnya, kalo lu tinggalin juga..lu emang konsen belajar..tapi lu menghilangkan manfaat lain dari satunya lagi yg mkn bukan berguna juga buat lu tapi juga buat temen2 bisa akses info ttg.

    dan mkn juga ada baiknya kita memilih mengambil manfaat dari semuanya…

    soalnya kalo di lepas juga pasti ada manfaat yg hilang….

  2. princessa aurora Says:

    satuju ma obenk…
    itu gimana kita manage diri kita aja brader..
    look at me..
    gw kalo lagi sempet aja buka fb,kalo lagi sibuk mah y fokus m yang lain..
    tapi gw sometimes tetep liat status temen2 gw,yg pastinya kita dah susah buat ketemuan.
    bagi gw sh sebagai ajang silahturahmi aja say

    • akuiniobenk Says:

      tah eta…susah ketemuan..sibuk untuk sms atau telp juga..dengan liat kondisi di FB kadang bahkan jadi diem2 doain, kasih semangat, coba dulu aja dengan jadi facebooker dengan gaya yg lain…yg pasif..tetep connected tapi..

      • thez al fajr Says:

        Sebenernya pertimbangan yang elu tulis di atas udah gw pikirin juga sih Beng..memang gw akuin itulah salah satu manfaat yg bisa gw dapet. Tapi buat gw pribadi, gw tetep ngerasa lebih banyak mudharat dari pada manfaatnya buat gw. Dan gw udah bilang sama diri gw, apapun yang mudharatnya lebih gede daripada manfaatnya buat gw, pelan – pelan bakal gw tinggalkan. Contoh lain yg seperti itu, rokok.

  3. akuiniobenk Says:

    ya gue sih berharap lu bisa lebih fleksible…kenapa gk berusaha mereduksi mudharatnya dulu?? misal gk lebay, gk ngabisin waktu disana…jadi kalo ternyata lu merasa gk bisa ngendaliin itu..itu artinya dalam diri elunya yg gak siap “secukupnya” dalam hal apapun…

    dan mkn di hal lain juga akan berlaku sama. masalahnya, jika hampir di setiap perkara lu gk mampu mereduksi mudharatnya…lantas lu akan meninggalkan semua hal?? termasuk orang2 yg mkn juga dinilai lebih banyak mudharatnya…?

    hihi..tp bebas lah..gue cuma kasih pendapat doang

  4. Thez Al Fajr Says:

    Yah, gw akuin emg masalahnya masih dari dalam diri gw. Untuk mereduksi selalu gw lakuin untuk hal apapun. Seperti gw bilang dalam hal apapun, kalu itu ternyata membawa mudharat lebih besar buat gw atau keluarga gw daripada manfaatnya, akan mulai gw tinggalin.

    Hmmm…let me think…lu termasuk orang yg banyak mudharatnya buat gw ga ya…?

  5. zee Says:

    Assalamualaikum, saudaraku yang baik, lama juga kita tak bersua…

    ikut menanggapi yah…

    betul, betul, betul (ipin&upin) memang facebook banyak manfaatnya, dan sangat baik untuk dijadikan ladang dakwah…
    dan seperti kata Lee Won Ho (ayahnya Iljimae)hehe2x..
    “Ada 2 jenis pedang, yang satu digunakan untuk membunuh orang dan yang satu digunakan untuk menolong orang” tinggal cara kita menggunakannya toh.

    tapi semua adalah pilihan masing2x, “Life is matter of Choice” right?

    facebook hanya salah satu ladang dakwah, masih banyak ladang-ladang lainnya yang masih membutuhkan hujan.

    ya to. Wassalammualaikum.

  6. Embun Pagi Says:

    yg bener tuh silaturahim, bukan silaturahmi,,,
    banyak ustadz2 salaf yg menggunakan FB juga kok,..


Tinggalkan Balasan

